Cari Blog Ini

Selasa, 26 Juli 2011

Training Road To Senior Manager

‎1.Welcome! Road To Senior Manager

Masih pada inget impian / tujuan gabung di bisnis ini?

Hehe.. musti tau dulu ya temen-temen… Set target jangka panjangdulu… apa impian anda? Mau cash award 7 juta? Mau income 15 juta per bulan? Mau jalan2 ke luar negeri? Mau resign kantor?
...
Coba tuliskan mimpi2, boleh di blog, boleh di facebook, di komen sini juga boleh yukkkk…biar pada inget….

Saya pernah nulis salah tentang impian saya, silahkan baca di:
http://www.facebook.com/note.p​hp?note_id=392416239682

Di training ini, saya ga mau lagi denger ada pertanyaan seperti: gimana caranya follow up prospek, kok pada ngga nyaut? Gimana caranya mbangunin downline yang tidur?

Karena harusnya kalian udah tau, fokuslah pada yang mau, pada yang aktif, jangan pikirkan mereka yang tidak mau!

Search ‘not that in to you’ di training99 dan baca sekarang!Lihat Selengkapnya
The Black Eyed Peas - The Time (Dirty Bit) (Audio)
www.youtube.com

‎2.Seminar

Dalam setahun, Oriflame mengadakan beberapa seminar besar. Ada LC seminar yang diadakan 2x setahun untuk 15% ke atas, dan ada Seminar Director untuk para pencapai SM up.

mau cerita dikit
...ibu kalian yg satu ini
walau udah gabung dari tahun 2006
pertama kali ikut seminar Oriflame baru di seminar director 2010

aku tau, banyak yg pengen kayak gitu
terus bilang, mbak dini aja baru ikut seminar tahun 2010 hihihi...

sejujurnya, waktu di semdir itu, aku ngerasa ngga nyamannnn banget
ini apa sih orang2 kok pada jejingkrakan....

sampai2 bilang ke nadia, well nad, i think this will be my first and my last seminar....

bulan Juli, ikut lagi seminar gold director di Stockholm
kali ini ga bisa ga ikut kan soalnya hehe

di situ...
mulai tuh yang berasa... ih seruuuu yaaa .....
ih seneng yaaaaa.....
ih pengen lagiiiiiii........
hihihihi

Sekarang sih aku udah ‘ketagihan’ seminar :)

Pada suatu acara d’BCN
Ted, manajemen Oriflame saat itu, pusing banget karena anak2 d’BCN kalem2
berusaha meningkatkan semangat hura hura tapi susah banget
terus Ted bilang sesuatu ke aku
you know Dini, you guys have been working hard just in front of the computer, you should use this kind of
event to let it all out, to have fun.... to scream....

(kalian selama ini udah kerja keras di rumah, di depan komputer, harusnya bisa memanfaatkan acara2 seperti ini untuk ngeluarin semuanyaa.. untuk senang..senang... untuk teriak teriak....)

ahhhhh, rasanya itu bener2 jadi alasan yang tepat buat aku.... buat kita... buat kalian....
untuk TIDAK melewatkan seminar2 besar....

beneran deh.... rugi kalau ga ikut!
aku yang dulunya ga suka, aku yang dulunya ga pengen... setelah ngerasain 3x seminar... bener2 bisa bilang..
rugi kalau ga ikut!

kejar yaaaaaaa......

dengerin lagu ini, kalau pengen ngerasain serunya joged joged rame2 hihihi...
http://www.youtube.com/watch?v​=D7K3wFXJFsQ

yak... tangan ke atasssssssssssssssssssssssssss​ss hajarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr​rrrrrrrr......

Boleh anda menggunakan seminar ini sebagai goal / tujuan / impian jangka pendek, tapi percaya deh, jika anda terus ingat pada impian anda gabung ke Oriflame, tiket2 seminar gratis ini akan datang dengan sendirinya!

‎3.Tugas Upline

Berikut adalah tugas anda terhadap konsultan 0-6%
• Sudahkah mereka membaca ebook training?
• Sudah pada tau promo terkini ?
...• Ajarin isi member area
• Ajarin minta password web Oriflame
• Ajarin cara order online
• Ajarin cara daftarin member baru
• Jelaskan soal WP1-3 dan BC
• Pastikan ybs menonton video 3 group di Training99
• Jika sudah siap nge prospek, ajakin ikut Coop
• Jelasin macam2 landing page
• Ajak dan pandu ikutan web bersama
• Jelasin soal peraturan prospek & pending member nyasar
• Bantu follow up jika dibutuhkan
• Tegur semua member baru hasil rekruitan mereka
• Ajarin cara claim / complain ke cc, baik via telpon, email atau datang ke ktr cabang, jika tersangkut masalah
• Patikan mereka ikut training ‘Getting Started’ atau ‘Welcoming New Friends’
• Pastikan mereka nonton video training Binarbinar dan Getting Started
• Pastikan mereka udah baca Kode etik dBCN dan Oriflame terbaru.
• Ajarin isi V3

Berikut adalah tugas anda terhadap manager 12%
• Ajarin soal LC Target
• Daftarin ke milis dBCN-leaders
• Daftarin ke milis dini-leader
• Pastikan ybs sudah membaca ebook 12-15%
• Pastikan ybs tau dan mencoba profile page
• Jika ybs mampu, daftarkan sebagai web leader dan kirim SOP web leader
• Ajarin tentang upload AR
• Infokan seragam2 d'BCN
• Bantu ybs pesan kaos d'BCN
• Jelaskan dan ajak LC meeting
• Lakukan OTO / BPS setiap awal bulan
• Ingetin ybs untuk memastikan NPWP sudah terdaftar di Oriflame
• Pastikan ybs buat milis khusus untuk jaringannya
• Anjurin baca SARPIO dan Leaders Success Plan
• Pastikan mereka ikut training ‘Road To Senior Manager’
• Pastikan mereka nonton video training untuk 12%: 3 Group, BPS, Gold Conference

‎3a.Tugas Upline

Berikut adalah tugas anda terhadap manager 15%
• Pastikan ybs tutup LCT
• Mulai ajarin bikin coop
...• Ingetin soal 4000 ke samping, bangun minimal 2 group seimbang

Berikut adalah tugas anda terhadap manager 18%
• Pastikan ybs membaca ebook 18%
• Pastikan ybs membaca AD ART d'BCN
• Siapin web bersama jaringan

Berikut adalah tugas leaders terhadap SM (up):
• Pastikan ybs punya PIN d'BCN
• Pastikan ybs bayar iuran setiap bulan
• Kasih tau dan ingetin soal saweran SM up
• Pastikan ybs upload AR setiap bulan
• Daftarkan ke milis SM-dBCN
• Pastikan ybs punya 'assigned ASM' dari Oriflame
• Ingetin untuk belanja pribadi 200bp kalau udah punya kaki SM

‎4.Berpikirlah Sebagai Seorang Pebisnis

Peserta training RTSM ini minimal sudah 6%, sudah merasakan yang namanya dapet bonus dari Oriflame, yang artinya, bisnis anda sudah mulai berjalan.

Selalu ingat baik2, ini BISNIS ANDA!! Untuk masa depan anda, untuk masa depan keluarga anda. Jangan mau menyerahkan masa depan keluarga anda kepada or...ang lain (upline misalnya), anda harus berusaha sebaik mungkin, agar bisnis anda ini bisa sukses, demi masa depan anda. Masih pada ingat kan impian / tujuan gabung di bisnis ini?

Salah satu hal yang selalu saya ingatkan pada leader2 adalah, bonus anda bukanlah laba / keuntungan bisnis. Bonus anda itu adalah omzet, dimana di dalamnya terdapat cost2 untuk pengeluaran2 bisnis, seperti koneksi internet, beli catalog, biaya transport, dan juga pasang iklan.

Yang saya pelajari dari Robert Kiyosaki, kalau punya hasil bisnis, puterin lagi!
Jangan dipake hura2 dulu… puterin terus, agar bisnis anda makin maju, kalau saya, ya berarti lebih banyak lagi uang untuk pasang iklannya. Dengan begitu, perkembangan bisnis saya akan lebih bagus lagi kan.

Anda bukan boss / atasan downline anda, anda adalah partner bisnis mereka dan juga leader mereka. Jangan hanya memberikan perintah, tapi ajak mereka untuk sama2 belajar dan mengembangkan bisnis mereka.

Berikan contoh, ini adalah hal yang penting dalam hal ‘mengajar’. Berikan contoh, dan bimbing mereka untuk mempraktekkannya!

Oh ya, kalau seorang pebisnis tuh kan pasti musti melihat pasar ya, kalian udah tau belum gimana pasarnya bisnis ini?

Member Oriflame Indonesia baru 250rb, member d’BCN baru 20rb an, sementara nih, anggota Facebook wanita usia 24-35 saja ada lebih dari 2 juta.. belum lagi melihat jumlah pemakai internet yang lebih dari 30juta, menurut kalian gimana pasarnya?

‎5.Be A Leader

Yuk, act as a leader yuk….
Jangan langsung bertanya, pelajari dulu, baru bertanya. Kalau saya sering bilang: jangan malu2 in ahhhhh…

...Ingat urutan sponsor, siapa leader anda? Siapa SM up anda? Siapa diamond anda?

Kemana anda harus bertanya? Ke milis? Ke forum? Ke support? Atau ke leader?
Contoh aja, kalau pertanyaan soal barang yang tidak kunjung datang, ya jangan nanya ke support d’BCN dong ya hehe…

Ajarkan downline anda cara melakukan complain yang baik dan benar. Kalau complain tuh ga perlu marah2, ga perlu pake huruf besar semua, santai ajaaaa :)

ini saya kasih tau cara2 melakukan komplen yg dianjurkan yaa

1. kirim email komplen ke alamat email yg tepat

2. kalau dua hari ga ada kabar, forward email pertama ke alamat email
oriflame yg tepat, dg catatan : tolong dibantu, email ini pernah saya
kirimkan pada tanggal xx, cc kan ke upline.

3. kalau dua hari ga ada kbar juga, forward lagi email kedua dg catatan
serupa, sambil di cc ke upline SM up dan boleh cc ke diamondnya, untuk yang diamondnya saya, bisa cc ke dini.shanti@dbc-network.xxx ganti xxx dengan com (ga perlu cc ke semua diamondnya ya, cukup satu diamond terdekat aja)

dengan begini, terlihat dengan jelas history nya, kalau kita sudah beberapa kali
mencoba menghubungi mereka

jadi aku bantunya juga enak hehehe
Satu lagi, baca ‘arsip email’ di Training99, sekarang!!

‎6.Business Planning Session (BPS)
Setiap awal bulan, anda wajib melakukan BPS pada leader2 anda. Di sinilah waktunya kalian sebagai partner kerja, me-review hasil bulan lalu dan merencakan strategi kedepannya.

BPS sering juga disebut OTO (One To One), karena sebaiknya memang dilakukan antara seorang upline dan seorang downline. Supaya lebih akrab dan personal gitu loh…..
Silahkan download file BPS di
http://www.dbc-network.xxx/upd​ate/download-tools/

Minta upline leader anda mengajarkan cara menggunakan file ini. Diutamakan untuk mereka yang ada di level 12% ke atas.

Menentukan target harus dating dari diri sendiri, secara ya, ini kan bisnis anda sendiri. Tapi tentunya dengan bantuan dan bimbingan upline ya.
Dalam menentukan target, selalu ingat SMART

Specific
Jangan terlalu luas, tapi spesifik ke satu poin, misalnya: target 9% bulan depan. Supaya bisa ketauan targetnya tuh udah terpenuhi atau belum. Contoh salah: bulan depan naik level. Salah karena ga jelas, naik ke level berapa?

Measurable
Artinya bisa diukur. Bisa dibuat rencana kerjanya. Kalau targetnya 9%, berarti total musti punya berapa downline aktif? Bisa diitung kan tuh.

Achievable
Target itu musti bisa dicapai, jangan terlalu muluk. Target mencapai senior manager dalam 1 bulan itu terlalu muluk, walau bukannya tidak mungkin.

Realistic
Maksudnya, jangan terlalu muluk, tapi ya juga jangan kerendahan, kalau seseorang udah berada di level 3% selama 3 bulan, ya jangan ditargetkan 3% di bulan berikutnya yaa..

Time Bounded
Musti ada batasan waktunya. Kapan? Tahun berapa? Bulan apa? Kalau perlu, tanggal berapa?

Jangan lupa ingat-ingat waktu ya, misalnya, biasanya nih, di masa liburan anak sekolah, Lebaran, Natal dan Tahun Baru, bisnis agak slow, jadi musti mempersiapkan diri yaaa…
http://www.dbc-network.xxx/upd​ate/download-tools/
www.dbc-network.xxx

‎7.Core Team
Coreteam adalah downline di jaringan kita yang memiliki visi yang sama dengan kita. Seorang coreteam adalah mereka yang punya impian, mau maju, terus mau belajar, ngga hanya ngomong doing tapi juga action, dan berada di level 0-9%.

Identifikasi coreteam anda sedini mungkin. Setiap punya downline baru di jaringan, walau bukan firstline anda, ajak ngobrol, tanya2 ini itu, kasih tugas / test, apakah bisa dia dimasukkan dalam coreteam?

Seorang coreteam adalah mereka yang hamper setiap hari berhubungan dengan anda, yang hampir setiap hari punya pertanyaan untuk anda. Bukan hanya anda yang ngejar2 dia, tapi dia juga ngejar2 anda.

Kriteria coreteam, kira2 seperti ini:
1. Berani setting target

2. TUPO (berniat serius di bulan ini dan akan TUPO)

3. Berani keluarin modal (untuk beriklan/promo/sebar katalog) tanpa
perlu dikejar kejar atau diingetin berkali kali

4. Mau meluangkan waktu untuk bisnis ini SETIAP HARI antara 1-2 jam.

5. Menjawab email atau sms dr leadernya atau prospekan dan donlen kurang dr 2 X 24 jam

6. Belajar sistem dari eBook, Forum, dan Member Area.

7. Hanya bertanya berdasarkan ebook training, forum, member area, manual dari uplen. bukan menanyakan hal yang sdh ada di area2 tersebut.. jadi keliatan keaktifannya.

8. Orang yang bersikap positif. Karena kalau dia sedikit-sedikit ngeluh, selalu berpikiran negatif, lama-lama kita juga jadi kebawa BT dan menurunkan semangat juang kita

9. Mau komunikasi setiap hari sama kita via email atau chat

10. Mau membina donlen (menyampaikan info2 penting ke member2 yg belum join milis)

11. Mau kerja keras dan belajar. Sadar kalo gak bisa cuma diem aja nungguin tanggal TUPO trus kecewa krn gak naik level.

Setiap bulannya, usahakan ada penambahan 2 orang coreteam dalam jaringan anda!

Ketika seorang coreteam naik menjadi level 12%, maka ybs menjadi team manajemen anda.

Dan downline2 ybs menjadi coreteam ybs, bukan coreteam anda lagi.

Contoh:
Myria adalah coreteam nya Dini
Tikie adalah downlinenya Myria, yang juga coreteamnya Dini.
Ketika Myria mencapai 12%, Myria menjadi Management Team (MT) nya Dini
dan Tikie menjadi coreteamnya Myria.

Dengan begini, duplikasi terjadi, Myria musti bisa menjadi seorang leader menggantikan Dini, untuk coreteamnya Myria. Ingat ya duplikasi itu PENTING!

Seorang Management Team 12% sebaiknya mulai memiliki milis jaringan sendiri agar mulai belajar mandiri dan tidak terlalu bergantung pada uplinenya.

‎8.Success Plan, Leaders Club & Fasilitas

Mungkin selama ini yang anda ketahui hanya success plan sampai 21%, kini saatnya anda mempelajari success plan setelah itu, bagaimana caranya seseorang bisa mendapatkan Honda CRV? Bagaimana caranya bisa dapat jalan2 ke luar negeri? Bagaimana caranya bisa mencapai level President Director?

Bagaimana penghitungan Oriflame Bonus di luar Performance Discount?
Info ini ada di ebook 12% up ya teman teman..

Ketika seseorang mencapai level 15%, Oriflame memberikan penghargaan yang disebut LC atau Leaders Club, jika ybs memenuhi LCT (Leaders Club Target).

Pelajari ebook dan tanyakan ke upline soal cara2 memenuhi LCT ini ya.

Di d’BCN sendiri, aka nada menu2 baru jika seseorang mencapai level tertentu, misalnya, ada IM Modul dan ada Profile Page.

Jangan Tanya apa itu profile page, nanti pada saatnya, baca sendiri, silahkan Tanya di sini kalau setelah baca masih ada yang tidak dimengerti.

Oriflame dan d’BCN juga secara rutin mengadakan acara2 offline seperti beauty demo dan training. Sempatkan datang ke acara2 tersebut yaa…. Kalau bisa, sebulan sekali, selain untuk nambah ilmu, juga untuk menjaga motivasi tetap tinggi.

Oriflame punya buku yang namanya Sarpio dan ada juga Success Plan. Beli dan pelajari buku2 tersebut.

‎9.% Activity

Di halaman saya di web Oriflame, anda bisa lihat persentase aktifiti jaringan anda. Ini adalah perbandingan berapa orang di jaringan anda yang telah melakukan pembelanjaan, dibandingkan total member di jaringan anda.
Makin tinggi persentasenya tentu makin bagus.

Usahakan mencapai angka di atas 50%, walau saya tau beberapa orang bisa mencapai lebih dari 90% loh.

Di sini bisa keliatan, kalau % nya rendah, berarti duplikasi putus di tengah jalan. Coreteam kurang banyak. Yuk analisa yuk…

Ada nih yang namanya ilmu 80-10-10….
Dari jumlah orang yang kita rekruit, 80% nya adalah wholesale buyers, yaitu orang-orang yang tertarik membeli produk dengan harga konsultan, atau orang-orang yang tertarik bergabung karena promo-promo produk.

10% nya adalah sellers, atau penjual, yaitu orang-orang yang memang senang jualan. Biasanya dia jualan amway, Tupperware, dan banyak lainnya lagi.

Nah 10% kedua adalah orang-orang yang ingin mencari kendaraan untuk menggapai mimpi-mimpi mereka, yaitu orang yang bergabung untuk membangun jaringan dan mengejar mimpi-mimpi mereka, untuk cari duit!
Artinya apa?

Jika anda membutuhkan 6 orang pembangun jaringan agar anda menjadi diamond, maka sebenarnya anda perlu merekruit 60 orang!!

Quality recruitment atau Quantity recruitment? Penting mana?

Kita tidak pernah tau ya temen2, orang yang baru kita rekruit itu masuk di kategori yang mana? Buyers? Sellers? atau pengejar mimpi?

Oleh karena itu, yang perlu di lakukan adalah memperbanyak rekruitment , memperbanyak mengajak orang bergabungnya.. karena dari sekian banyak, akan ada 10% yang satu visi dengan kita untuk mengejar impian masing2…

Jadi kuncinya, anda musti bisa meng-identifikasi downline anda. Termasuk untuk tau, downline anda itu lebih tertarik jalanin online atau offline. Walaupun anda jalanin full online, anda tetap musti mendukung dan membimbing mereka yang mau jalanin offline, paling tidak, memberikan petunjuk dimana mereka bisa belajar cara menjalani offline seperti melakukan beauty demo.


‎10.Bagaimana seorang Dini Shanti bisa Menjadi the Fastest Growing Leader?

Udah pasti, saya selalu ingat sama impian saya.
Siapa yang dulu kemana-mana naik angkot? Saya!
Siapa yang dulu ngantor dan ngga ketemu anak2 seharian penuh? Saya!
Siapa yang dulu Cuma bisa gigit cari liat temen2 liburan kemana2? Saya!

Iya, saya juga dulu gitu! Mungkin sama kan dengan sebagian besar dari kalian?
Ngga kok, saya ngga terlahir kaya hihi… saya dulu juga hidup susah….

Tapi saya punya impian, untuk kerja di rumah, untuk bisa nyekolahin anak2 setinggi apapun dan kemanapun yang mereka mau. Jadi saya rintis bisnis, yang ternyata, akhirnya, saya menemukan, kendaraan tepat saya ada di Oriflame dan d’BCN!

Itu yang bikin saya ga pernah berhenti, itu yang bikin saya ngerjain bisnis sepulang kantor dulu, itu yang bikin saya terus belajar dan tidak pernah menyerah. Bagaimana dengan anda?

Saya membagi ‘ilmu’ bisnis ini dalam 3 bagian:
1. Ilmu d’BCN
2. Ilmu Oriflame
3. Ilmu Internet marketing

Ilmu d’BCN tuh kayak gimana ngeliat ada prospek baru, kalau orang isi form di LP tuh artinya apa, semua yang ada di ebook training dll.
Ilmu Oriflame tuh ya soal success plan, perhitungan bonus, cara daftarin member, cara order dll.

Sementara ilmu internet marketing adalah ilmu2 yang digunakan untuk mempromosikan bisnis di internet, yang semua ada di training99.
Nah, untuk member baru 0-9% saya pengennya mereka focus belajar ilmu d’BCN dan ilmu oriflamme dulu.

Lah, kalau mereka ga promosi, terus gimana caranya mereka bisa naik level?
Ya bantuan upline, saya bantu mereka dengan menyediakan coop misalnya. Jadi mereka bisa belajar lalu ikut coop untuk sekalian praktek ilmu d’BCN dan oriflamenya.

Setelah seseorang mencapai 12%, baru deh saya ‘paksa’ mereka untuk belajar ilmu internet marketing, belajar bikin iklan, dan belajar bikin coop. supaya mereka bisa membantu member 0-9% di jaringannya.

Ini yang saya lakukan beberapa tahun terakhir. Menurut saya, ini yang bikin saya bisa jadi the fastest leader.

Ya kalau jadi coreteam nya Dini emang cepet, bisa 2 bulan 12%, bagaimana dg mereka yang sudah lama bertengger di level 0-9% ?

Batas waktunya 6 bulan, saya rasa 6 bulan itu cukup untuk mempelari ilmu d’BCN dan Oriflame. Jika anda sudah lebih dari 6 bulan bergabung, maka anda sudah waktunya belajar ilmu internet marketing dengan serius! Tapi balik lagi, ini bisnis anda, bagaimana jika upline anda tidak menyediakan coop? apakah anda terus ngambek dan berenti ? Ya jangan atuh….

Saya dulu juga ga dapet coop kok dari upline saya! Hihihi…
Jadi, yuk belajar yuk….

Btw, cara di atas itu adalah cara yang saya jalankan loh ya, saya yang notabene jalanin bisnis ini hampir full online. Tapi ga berarti, itu adalah cara satu2 nya..

Bisnis ini bisa dijalankan online, bisa offline, bisa dua2 nya. Saya sangat menyarankan anda mencoba keduanya, offline dan online, lalu tentukan, cara seperti apa yang cocok untuk anda!

Sekian training kali ini, sukses selalu untuk anda!

Jangan lupa like FB saya di http://www.facebook.com/DiniSh​anti
Dan follow twitter saya di @drshanti www.twitter.com/drshanti

2 komentar:

  1. ada peluang bisnis baru nich mba yg akan launching sept 2014 dgn marketing plan yg mudah dan peluang yg sukses . http://peluangbisnisisagenix.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. gimana mba .. masih jalan oriflame nya? Kalo mau bergabung lagi boleh di tim saya ya mba.. biar kita gerak cepat menuju level Director, sistemnya udah tau kan, tinggal sabar dan konsistennya aja digedein. yuk mba gabung lagi, demi bisnis yang bisa kita wariskan untuk anak kita kelak kan :-)

    BalasHapus